Tim Kemenag Bantaeng Juara I Lomba Kreasi Bakul Maulid Tingkat Sulsel

Makassar, (Inmas Bantaeng) - Kabupaten Bantaeng adalah Kabupaten yang terkenal dengan destinasi wisata kulinernya ditunjang pula dengan masyarakatnya yang memiliki cita rasa dan ekspektasi yang tinggi akan berbagai ragam penganan atau kue-kue tradisional maupun kontemporer.

Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya tim Kementerian Agama Kab. Bantaeng sebagai Juara I pada lomba Kreasi Bakul Maulid yang diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel bekerjasama dengan Pemprov Sulsel pada Senin, 11 November 2019.

Lomba yang dilangsungkan di Lapangan Karebosi Makassar ini dihelat dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal 1441 H.

Lomba diikuti oleh Tim Kemenag Kabupaten/Kota se Sulsel serra sejumlah kontingen lainnya dari Kota Makassar, diantaranya dari jajaran Kantor Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas se Kota Makassar.

Dalam lomba tersebut kontingen Kementerian Agama Kab. Bantaeng berhasil meraih juara I disusul Kec. Ujung Tanah Makassar dan kontingen Kemenag Kab. Enrekang berturut-turut sebagai Juara 2 dan 3.

Juara 1 berhak mendapatkan hadiah berupa 1 unit sepeda motor, sedang juara 2 dan 3 mendapat sepeda dan juara harapan 1-3 medapat hadiah berupa tabungan.

"Sebenarnya dari segi penampilan, kreasi bakul maudu tim Kemenag Bantaeng nampak biasa-biasa saja, tak lebih dari peserta lainnya bahkan adaji yang lebih bagus dari daerah lain". Ungkap Hj. Sahrah, salah seorang tim Bakul Maulid Kantor Kemenag Bantaeng.

"Tapi kami dari Tim Kemenag Bantaeng selalu mengutamakan cita rasa dan kesesuaian lauk songkolo" tambahnya.

"Ini menjadi salah satu poin penilaian selain penampilan. Jadi cita rasa, kesesuaian lauk pauk yang terdiri dari salonde', tumpi-tumpi, ayam goreng kampung dan lain-lain inilah yang menjadi poin utama dari keunggulan tim kita sehingga tim penilai memberikan nilai lebih kepada tim Kemenag Bantaeng". Tambahnya lagi.

"Selain itu, kami juga selalu menggunakan wadah atau tempat yang alami yaitu terbuat dari daun pisang yang dibuat seperti bakul, serta Sajian songkolo' yang dilengkapi dengan buah-buahan lokal dan kue-kue tradisional". Imbuhnya.

Tim penilai lomba kreasi bakul maudu ini terdiri 4 rombongan, ada dari Pemprov Sulsel dan salah satu diantaranya adalah tim yang diketuai oleh ibu Ketua DWP Kemenag Kanwil Sulsel Hj. Rismayanti Anwar.


Rangkaian acara didahului dengan penilaian songkolo' bakul maulid, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an serta sambutan-sambutan diantaranya sambutan dari Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel sekaligus membuka lomba.

Lomba kreasi bakul maudu juga diisi dengan Hikmah Maulid yang diantarkan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhanis.

Atas prestasi yang telah diraih tim Kreasi Bakul Maulid Kantor Kemenag Bantaeng ini, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag yang memimpin langsung tim memberikan apresiasi.

"Terima kasih tim solid keluarga besar kemenag Bantaeng atas segala kebersamaannya sehingga tim penilai lomba bakul maulud tk prop. Sulsel menetapkan kemenag bantaeng sebagai juara satu.  🤝🤝" Tulisnya di wa Group.

Selain itu, Ketua DWP Hj. St. Hasnah, S.Ag juga mengungkapkan rasa kegembiraannya

"Tidak dapat rasanya berkata2 utk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas berkah ini, ini semua terwujud krn kerjasama dan kekompakan serta do"a2 kt semua, kemenangan ini adalah kemenangan kita semua keluarga besar Kemenag Kab Bantaeng, syukran ut semuax, syukur Alhamdulillah 🙏🙏🙏". Ungkapnya. (mhd).