Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan KUA, Kemenag Bantaeng Studi Banding Ke Kemenag Sidrap

Sidrap, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka peningkatan pelayanan pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng melalui Seksi Bimas Islam beserta jajaran dalam hal ini para Kepala KUA Kecamatan se Kab. Bantaeng melaksanakan Studi Banding ke Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap (10-12 Desember 2019).

Adapun maksud dan tujuan kunjungan tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Bantaeng Drs. H. M. Ribi, MM ini adalah guna mencari informasi tentang rahasia atau resep beberapa KUA yang ada di Kab. Sidrap hingga menjadi langganan juara tingkat Prov. Sulsel .

Adapun KUA yang menjadi sasaran Studi banding kali ini adalah KUA Kecamatan Pancarijang dan KUA Kecamatan Watampulu

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidenreng Rappang rombongan diterima secara resmi oleh Kasubag TU didampingi Kepala Seksi Bimas Islam dan Kepala Seksi PAIS bertempat di Warkop Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sidrap. Rabu, (11/12/2019) siang.

Mengawali sambutannya, Kasubag TU H. Umar Yahya tak lupa menyampaikan  permohonan maaf dari bapak Kepala Kantor yang saat ini sedang dinas luar. Lebih lanjut Kasubag TU membeberkan 5 indikator yang menjadi rahasia keberhasilan KUA-KUA di Kemenag Sidrap ini sehingga menjadi langganan juara, y

Yang pertama menurut Ka. TU adalah regulasi, kemudian yang kedua adalah Tata Kelola Organisasi, ketiga Program berbasis anggaran, keempat Prasarana dan yang kelima adalah Akses layanan. Ditambahkannya lagi bahwa KUA yang menjadi juara bangunannya bagaikan hotel berbintang 3, katanya sambil tersenyum.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Bantaeng Drs. HM, Ribi, MM selaku ketua rombongan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kesediaan Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap menerima kunjungan studi banding bahwa ini merupakan kali pertama dirinya menginjakkan kaki di Bumi Nene Mallomo.

Selanjutnya H. Ribi kemudian mengungkapkan maksud dan tujuannya bersama rombongan berkunjung di Kemenag Sidrap.

"Maksud dari kunjungan kami kemari adalah untuk menggali ilmu dan belajar lebih banyak tentang kiat-kiat tekhnis yang  menjadi rahasia keberhasil KUA-KUA di Kec. Sidrap ini sehingga berhasil menjadi juara di tingkat provinsi dan semoga kami dapat mengaplikasikannya di Kabupaten Bantaeng". Ungkap H. Ribi.

Mengakhiri sambutannya HM. Ribi tak lupa memperkenalkan satu persatu personil yang turut bersamanya yang dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata kepada tuan rumah yang diterima bapak Ka Subag TU.

Usai prosesi penerimaan secara resmi, agenda dilanjutkan dengan kunjungan ke 2 Kantor Urusan Agama, yakni KUA Kec. Watang Pulu dan KUA Kecamatan Panca Riajang yang menjadi juara hingga ketingkat Nasional dengan dipandu oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Sidrap H. Muslimin Muchtar, MEI. (mhd)