Gerjakun HAB 74 Tingkat Kanwil Kemenag Sulsel, Ratusan Warga Kemenag Bantaeng Turut Padati Karebosi

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama merupakan rangkaian yang sangat panjang dan cukup melelahkan, namun menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh warga Kementerian Agama di Sulawesi Selatan bahkan di seluruh Indonesia.

Sejumlah rangkaian kegiatan di tingkat Kabupaten/Kota telah digelar mulai dari kegiatan Porseni, kegiatan sosial berupa anjangsana ke panti-panti asuhan, donor darah, sunatan masal dan lain-lain.

Setelah upacara yang digelar secara serentak di seluruh Kantor Kementerian Agama baik tingkat Kanwil maupun tingkat Kabupaten/Kota pada tanggal 3 Januari 2020 yang merupakan puncak peringatan Hari Amal Bakti ke-74 tahun 2020, kini rangkaian kegiatan HAB menukik ke acara selanjutnya yakni Gerak Jalan Kerukunan (Gerjakun) dan Ramah Tamah tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Gerjakun dan Ramah Tamah Hari Amal Bakti merupakan agenda tahunan tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Gerjakun yang kembali dipusatkan di Lapangan Karebosi pada HAB ke-74 kali ini sukses menghadirkan puluhan ribu warga Kementerian Agama dari 24 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan yang memadati lapangan terbesar di kota Makassar ini sejak pagi buta

Hadir Gubernur Sulawesi Selatan Prof. DR. H. Nurdin Abdullah, M.Agr, anggota DPR RI dari Fraksi PPP H. Muhammad Aras, unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan Walikota Makassar dan sejumlah tamu dan undangan lainnya.








Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gerak Jalan Santai Kerukunan ini.

“Melihat antusiasme peserta GJK, diperkirakan jumlah peserta yang hadir sekitar 20 ribuan. Hal ini sudah sesuai ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya, inipun juga belum sepenuhnya dihadiri oleh seluruh warga Kemenag Sulsel dari Seluruh Daerah Kabupaten Kota, ditambah juga dengan kehadiran para perwakilan umat seluruh Agama yang dikoordinir oleh para Ormas dan Wali Agama masing masing, dan Para Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Se-Sulsel, olehnya itu saya haturkan terima kasih atas atensi dan kehadiranta semua, ini membuktikan bahwa warga Kementerian Agama dan Umat Beragama di Sulsel solid dan bersatu, olehnya itu mari jaga kebersamaan dan Kerukunan ini seterusnya, khususnya di Sulawesi Selatan,” Tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Prof. DR. H. Nurdin Abdullah, M.Agr, dalam Sambutannya sebelum melepas secara resmi peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama.

Menurut Nurdin Abdullah, Kementerian Agama diusianya yang ke 74 tahun ini sudah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang Keagamaan.

“Dan khusus di Sulsel kita semua merasakan dan melihat hasilnya, salah satunya Indeks Kerukunan Umat Beragama Sulsel berada pada angka yang memuaskan diatas rata rata indeks kerukunan secara Nasional, semoga Kementerian Agama khususnya di Sulsel bisa menjadikan kondisi lebih baik lagi kedepan, dan hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun Kemenag dengan penuh rasa kebersamaan dan Kerukunan,” ucapnya.

Kegiatan Gerjakun ini, disamping mengundang seluruh Aparatur Kementerian Agama se-Sulsel, panitia juga melibatkan para wali-wali Agama se Sulsel, Ormas Lintas Agama, dan seluruh mitra Kerja dan Kolega Kementerian Agama. Hal ini untuk menegaskan bahwa Kerukunan antar umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik sebagaimana tema besar yang diusung pada HAB ke 74 tahun ini yaitu Umat Rukun, Indonesia Maju.

Gubernur Sulsel yang juga Mantan Bupati Kab. Bantaeng 2 periode ini usai mengangkat bendera star, juga turut berjalan berbaur bersama puluhan ribu Peserta GJSK didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Walikota Makassar, Forkopimda Sulsel, para pimpinan wali Agama Agama Sulsel serta Para pejabat Eselon III dan IV di jajaran Kemenag Sulsel.

Kontingen Kementerian Agama Kab. Bantaeng pada kegiatan Gerjakun HAB Kemenag Sulsel kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus dengan memboyong ratusan warga Kementerian Agama Kab. Bantaeng dari berbagai unsur mulai staf, guru, maupun penyuluh/penghulu.

Rute Gerjakun start di Lapangan Karebosi Makassar Jalan Ahmad Yani, melewai Jln Jenderal Sudirman, Jl. Karunrung, Jl. Sultan Hasanuddin, Jl Slamet Riyadi, Jalan Ahmad Yani lalu kembali ke Lapangan Karebosi.

Sebagaimana Gerjakun sebelumnya, Gerjakun kali ini juga bertabur puluhan hadiah doorprize persembahan dari berbagai pihak, mulai dari hadiah doorprize utama berupa 4 paket umroh yang terdiri dari 3 paket umroh dari Gubernur Sulsel ditambah 1 paket umroh dari Tazkia Travel hingga ke hadiah menarik lainnya.

Dari puluhan hadiah doorprize  ini, salah seorang pesert Gerjakun asal Kabupaten Bantaeng mendapat keberuntungan dengan memperoleh hadiah doorprize Umroh atas nama Rahmah Rasyid, salah seorang Penyuluh Non Fungsional yang bertugas pada KUA Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng

Setelah kegiatan Gerjakun yang melibatkan puluhan ribu warga Kementerian Agama dari seluruh Sulawesi Selatan ini, keesokan harinya, (Ahad, 5 Januari 2020) bertempat di Aula Arafah Asrama haji Sudiang Makassar, digelar acara yang merupakan acara pamungkas dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Amla Bakti yakni Ramah tamah yang akan diikuti oleh seluruh pejabat dan pimpinan satker Kemenag Se-Sulsel.

Pada acara Ramah tamah ini, akan diumumkan Peraih prestasi tingkat Regional, Nasional dan Internasional yang diraih oleh Insan Kementerian Agama Sulsel Tahun 2019 lalu serta Pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang sejumlah Lomba dan pertandingan pada Porseni dalam rangka menyambut HAB ke 74 tingkat Prov. Sulsel. (mhd)