Diwarnai Hujan Cukup Deras, Upacara HAB Ke-74 Tingkat Kemenag Bantaeng Berlangsung Khidmat

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Hari ini (Jum'at 3 Januari 2020), jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-74.

Kementerian Agama yang dulu bernama DEPAG (Departemen Agama) terbentuk pada tanggal 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi.

Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan. Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945. 

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

"Undang-Undang Dasar negara kita, pasal 29, menegaskan: “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Demikian petikan sambutan seragam Menteri Agama RI Fachrul Razi pada upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 tahun 2020.

Upacara puncak peringatan Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama tingkat Kab. Bantaeng digelar pagi ini di lapangan Pantai Seruni Kab. Bantaeng dengan diikuti oleh segenap jajaran keluarga besar Kementerian Agama Kab. Bantaeng.

Bertindak sebagai inspektur upacara, bapak Wakil Bupati Bantaeng, Drs. H. Sahabuddin yang dalam sambutannya membacakan sambutan seragam Menteri Agama RI Fachrul Razi.

Hadir Sekretaris Daerah Abd. Wahab, SE, M.Si yang sekaligus membacakan sambutan bapak Bupati Bantaeng.

Turut hadir jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Bantaeng.

Upacara yang berlangsung penuh khidmat meski hujan mengguyur cukup deras lapangan Pantai seruni ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya, dan didampingi Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, Dr. H Muhammad Yunus,M.Ag beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Bantaeng, Hj. St. Hasnah Yunus, bapak Wakil Bupati H. Sahabuddin berkenan menyematkan tanda kehormatan kepada 39 orang ASN Kemenag Bantaeng yang terdiri dari 1 orang penerima Satya lencana 20 tahun dan 38 orang penerima Satya lencana 10 tahun (3 orang penerima Satya lencana 10 tahun berhalangan hadir).

Upacara dirangkaikan pula dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang PORSENI antar ASN Kemenag Bantaeng yang digelar beberapa waktu yang lalu.