Jelang MTQ XXXII Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Bantaeng, 33 Dewan Hakim Ikuti Pembekalan

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Pelaksanaan MTQ. Tingkat Kab. Bantaeng yang akan digelar pada tanggal 17-22 Februari 2020 di Kelurahan Dampang, Kec. Gantarangkeke didahului dengan orientasi/pembekalan kepada para calon Dewan Hakim.

Pelatihan dan Orientasi/Pembekalan bagi calon Dewan Hakim MTQ tingkat Kab. Bantaeng yang berlangsung selama dua hari di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bantaeng yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan H. Hartawan, SH., MH. pada hari Sabtu, 8 Februari 2020.

Hadir pada acara pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Bapak Dr. H. Muhammad Yunus, S. Ag., M. Ag, Kabag Kesra Setda Bantaeng Syamsul Alam, S.IP, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kemenag Bantaeng Bapak H. Muhammad Tahir, S.Ag., MM

Dalam pembekalan ini Pemerintah Kab. Bantaeng melalui Bagian Kesra sebagai leading sektor pelaksanaan MTQ menghadirkan sejumlah nara sumber yang memiliki kualifikasi sebagai Dewan Hakim Nasional maupun Daerah diantaranya KH. Syarifuddin Usman dan Dr. H. Muammar Bakri, MA. Serta Qari Internasional H. Bahri Waru dan Ust. Husain

Para calon Dewan Hakin MTQ. tersebut diberikan sejumlah materi pembekalan sebagai penguatan yang bersifat tekhnis, diantaranya: Teknik dan tata cara penilaian untuk masing-masing cabang yang dilombakan, Tekhnik pengaturan tugas bagi para Dewan Hakim MTQ yang sesuai dengan kualifikasi keilmuan masing-masing Dewan Hakim MTQ. Etika Dewan Hakim MTQ ketika sedang bertugas dalam setiap cabang lomba

Ditekankan pula tentang Syarat, Kualifikasi, komitmen dan integritas Dewan Hakim MTQ yang ditugaskan pada masing-masing cabang lomba.

Selain itu, para calon Dewan Hakim MTQ. Juga dibekali sejumlah pengetahuan yang berkaitan dengan penanganan masalah tekhnis yang biasa tidak terduga dalam pelaksanaan penilaian. Misalnya, jika tiba-tiba listrik padam, sementara lomba sedang berlangsung dengan mengandalkan alat bantu yang membutuhkan listrik, demikian juga dengan hal-hal tekhnis lainnya.

Pada hari kedua atau hari terakhir ini, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Syamsul Alam selaku penanggungjawab kegiatan sebelum menutup secara resmi kegiatan menyampaikan harapannya kepada 33 orang Dewan Hakim ditambah 6 orang Panitera ini.

"Dengan kegiatan Pembekalan/Orientasi Dewan Hakim ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para Dewan Hakim MTQ yang akan bertugas sehingga dapat memberikan penilaian yang benar-benar objektif dan transparan".