Stok Darah Di PMI Menurun, PMR MA Muhammadiyah Bantaeng Gelar Bakti Sosial Donor Darah


Bantaeng, (Humas Bantaeng) -Kebutuhan darah di Indonesia belum terpenuhi seluruhnya. Berdasarkan perhitungan WHO, kebutuhan darah 2% dari jumlah penduduk atau secara nasional 5,2 juta kantong darah dibutuhkan Indonesia setiap tahunnya. Secara data, kebutuhan itu baru terpenuhi sekitar 92% yang berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Penerapan physical distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah sejak wabah COVID-19 membuat banyak kegiatan donor darah terhenti. Hal ini menyebabkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) dan UTD RS berkurang secara drastis, padahal kebutuhan transfusi darah tidak menurun.

Demikian halnya di Kabupaten Bantaeng selama Pandemik Covid-19 persediaan stok darah di UTD RS Prof. Dr. H. Anwar Makkatutu semakin menurun bahkan kehabisan stok darah.

Menyikapi kondisi tersebut, PMR (Palang Merah Remaja) MA Muhammadiyah Bantaeng berinisiatif menyelenggarakan kegiatan bakti sosil untuk memupuk kepedulian dan kepekaan anak-anak PMR khususnya juga seluruh lapisan masyarakat secara umum dengan berbagi melalui Donor Darah secara Sukarela.

Selain itu, Donor Darah juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Artinya ketika kita melakukan donor darah, kita sudah peduli terhadap sesama sekaligus untuk kesehatan sendiri.

"Alhamdulillah kegiatan ini dilaksanakan dengan baik dan lancar dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan, banyak masyarakat, juga aparat negara yang menyambut baik kegiatan ini". Ungkap Kamad MA Muhammadiyah Bantaeng H. Salahuddin, S.Pd.I, M.Pd.I kepada Humas Kantor Kemenag Bantaeng (Rabu, 2 September 2020)

"Pada kegiatan Donor Darah kali ini kami menyumbangkan stok darah sebanyak 31 kantong darah". Tambahnya.

Kegiatan ini juga, banyak mendapatkan dukungan dari sejumlah instansi dan lembaga/organisasi, antara lain Angkatan Muda Muhammadiyah, Lazismu Kab. Bantaeng, TNI, Kepolosian, dan PKK Kab. Bantaeng.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, semangat kepekaan dan kepedulian pelajar se- Kab. Bantaeng beserta masyarakat Bantaeng semakin meningkat meskipun dalam situasi dan kondisi yang penuh keterbatasan disebabkan musibah pandemik Covid-19". Harap H. Salahuddin.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pendonor sukarela kali ini dan kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiataan bakti sosial PMR Wira MA Muhammadiyah Bantaeng". Pungkasnya.