Tingkatkan Pemahaman Moderasi Beragama, Penyuluh Kemenag Bantaeng Ikuti Bimtek Penceramah Agama Bersertifikat


Sudiang, (Humas Bantaeng)
- Bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesi (MUI) Sulsel, Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel menggelar Bimbingan Teknis Penceramah Bersertifikat.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan Drs. H. Khaeroni, M.Si didampingi Ketua MUI Sulsel Anregurutta KH. Sanusi Baco. Lc.

Bimtek diikuti sebanyak 100 orang dari unsur Kemenag dan MUI Kabupaten/Kota se Sulsel dan akan berlangsung selama 2 hari (29-30 September 2020) bertempat di Asrama Haji Sudiang Makassar,

Kabupaten Bantaeng mengutus 2 orang peserta dari unsur Kemenag dan dari unsur MUI atas nama Dr. Muh. Aidil Sudarmono R, S.PdI., M.PdI, Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Bantaeng dan Dr. H. M. Nasir HM, S.Pd.I, MM, Sekretaris MUI Kab. Bantaeng.

Dalam sambutannya, Drs. KH. Khaeroni, M. Si mengatakan, bahwa program ini merupakan bagian dari respons pemerintah dalam menyikapi isu-isu aktual yang mengemuka di bidang keagamaan.

Menurutnya, program ini tidak hanya untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi penceramah agama dari aspek materi maupun metodologi.

"Program ini juga untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai moderasi beragama dalam wawasan kebangsaan," ujar dia.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan agar para penceramah dapat tetap menjaga hubungan silaturahmi berdasarkan ayat Alquran "Wa'tasimu bihablillaahi jamii'a walaatafarraquu".

Kakanwil kemudian mengajak para penceramah untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dan tidak terpengaruh tentang negara khilafah dan faham-faham lain yang bertentangan dengan Pancasila.