Kakan Kemenag Bantaeng Ikuti JAMARAH Tingkat Kanwil Sulsel


Makassar, (Humas Bantaeng) - 
JAMARAH (Jagong Masalah Umrah dan Haji) adalah suatu perhelatan besar yang menjadi agenda tahunan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Prov. Sulsel guna membicarakan peningkataan penyelenggaran haji dan umrah di Indonesia.

JAMARAH tingkat Kanwil Kemenag Sulsel tahun ini yang mengusung tema "Kebijakan Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Masa Pandemi Covid-19" digelar di Hotel Claro Makassar, Sabtu, (2/10/2020).

Acara dibuka secara resmi oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Prof.Dr.H.Nizar Ali, M.Ag. yang juga menjabat selaku Plt. Sekjen Kemenag RI.

Diawali laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel Dr.H.Kaswad Sartono, M.Ag.

Disebutkan Kaswad bahwa jagong ini adalah merupakan ijtihad dari bapak Dirjen Prof. Nizar Ali, yang jika dalam bahasa Bugis Makassar disebut tudang sipulung yang bermakna sebuah pertemuan yang dalam hal ini untuk mendiskusikan bagaimana peningkataan penyelenggaran haji dan umrah di Indonesia.

Lebih lanjut, Dr. Kaswad menyampaikan bahwa kegiatan JAMARAH ini diikuti oleh 100 orang peserta dari unsur Kakan Kemenag dan Kepala Seksi PHU Kabupaten - Kota se Sulsel, Perwakilan Asosiasi BPIHU, serta pemerhati masalah haji dan umrah di Sulsel.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag beserta Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Muhammad Arfah, S.Ag.

Adapun narasumber dalam kegiatan sehari ini adalah Dirjen PHU Kemenag RI, Prof, Nisar Ali, Anggota Komisi VIII DPR RI, H.Samsu Niang dan Kakanwil Kemenag Sulsel KH.Khaeroni.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. KH. Khaeroni, M.Si, setelah menyampaikan pantun selamat datang kepada para tamu, kemudian menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada anggota Komisi VIII DPR RI dan Dirjen PHU yang telah berkenan berkunjung ke Makassar .

KH. Kaeroni kemudian membeberkan data jemaah haji Sulsel terkait dengan pembatalan keberangkatan jemaah haji musim haji 2020/1441H, yaitu quota haji 7272 orang, dan yang telah melakukan pelunasan biaya setoran sebanyak 7.067 orang (97%), 205 orang belum melunasi dan 25 orang melakukan penarikan.

Mengakhiri sambutannya, Kakanwil Khaeroni berharap kehadiran para tokoh, seperti Prof.Nisar Ali, H.Samsu Niang dan 
HM. Arfi Hatim dapat menjadi barokah bagi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Anggota Komisi VIII DPR RI, Drs.H.Samsu Niang, M.Pd dalam sambutannya secara khusus menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan.

"Selamat datang di Kota Makassar Sulawesi Selatan. Pantunnya bagus sekali. Beliau pas datang langsung melakukan peletakan batu pertama di Soppeng. Di kampung saya. Bagus sekali", kata Samsu Niang memuji Kakanwil Kemenag Sulsel.