Pejabat Eselon III dan IV Kantor Kemenag Bantaeng Ikuti Asesmen di Asrama Haji Sudiang

(Humas Kemenag Bantaeng) - Kanwil Kemenag Sulsel  tampil selangkah lebih maju dari Kanwil Kemenag lainya di Seluruh Indonesia. Pasalnya, Asesmen Kompetensi Jabatan yang belum lama di sahkan Undang-undangnya sebagaimana tertuang dalam UU NO. 5 TAHUN 2014 tentang ASN, Kanwil Sulsel  dengan nahkoda Kakanwil baru yang sangat proaktif dan selalu cepat tanggap bersedia menjadi Kanwil pertama pelaksanaan Assesmen di lingkungan Kementerian yang dipimpin oleh H. Lukman Hakim Saifuddin ini.

Asesmen yang dibuka oleh Dr. Hardjo Suwito, M.Si,  Kabag Perencanaan di Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI yang juga salah seorang perancang Materi serta Metode Asesmen ini menyampaikan arahannya dihadapan  181 peserta asesmen yang terdiri dari 28 orang dari pejabat eselon III dan 153 orang pejabat eselon IV di lingkungan Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan .

Menurut Pak Hardjo, Asesmen jangan dianggap sebagai momok yang harus ditakuti, sehingga lagu Indonesia Raya pun dinyanyikan dengan kurang semangat pada awal pembukaan, “Asesmen bukan mau menggeser atau mencopot jabatan bapak ibu, tapi asesmen bertujuan untuk mengetahui profil ASN dan dalam rangka pemetaan kompetensi pegawai agar tidak mismatch” imbuhnya.

Dalam Asesmen ini Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng mengirimkan  semua pejabat eselon IV dan III di lingkungan Kementerian Agama Kab. Bantaeng, yang pada hari pertama pelaksanaan asesmen ini sesuai jadwal, diikuti oleh Kepala Kantor Kemenag, Kasubag TU dan 5 Kepala Seksi, sedangkan untuk Kepala-kepala KUA akan mengisi Asrama Haji Sudiang pada Kloter ke-2 yaitu pada hari Sabtu  tanggal 15 Agustus 2015.

Adapun jenis test pada asesmen kali ini menurut ketua panitia ada 3 yaitu:
    1.Tes Tertulis yang materinya terdiri dari Managerial, Substantif   dan Teknis (MST)
     2.Simulasi (Microteaching), dan
     3.Cross check (Wawancara)

KaKanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa minggu ini merupakan moment yang paling tepat pelaksanaan Asesmen, karena minggu depan yaitu mulai tanggal 20 Agustus 2015, Asrama Haji Sudiang sudah mulai dipadati oleh jemaah  calon haji dari seluruh Sulawesi Selatan sampai dengan akhir bulan dan saat itu merupakan saat-saat yang paling sibuk khususnya di jajaran Kanwil Kemenag Sulsel, sehingga jika tidak dilaksanakan dalam minggu ini maka dapat dipastikan asesmen akan molor pada bulan September 2015.

Lebih lanjut H. Abdul Wahid Tahir menjelaskan bahwa tujuan utama diadakannya assesmen ini adalah:
     1.Untuk dapat melihat peta kompetensi dari pejabat eselon
     2.Untuk dapat mengisi formasi jabatan yang lowong di lingkungan
        Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan
     3.Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dari sistem
        birokrasi di lingkup Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan

    Mengakhiri sambutannya, Kakanwil Kemenag Sulsel berharap kepada 181 peserta asesmen kompetensi Jabatan Administratur dan Pengawasan Lingkup Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi selatan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menjadi contoh dan referensi bagi pelaksanaan asesmen selanjutnya. (mhd)