Bupati Bantaeng melepas 148 JCH Kab. Bantaeng

(Humas Kemenag) - 10 Hari Menjelang pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng yang tergabung pada kloter 22 Embarkasi Hasanuddin Makassar, Bupati Bantaeng Prof Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, M.Agr didampingi sejumlah unsur Muspida dan bersama seluruh Anggota DPRD Kab. Bantaeng berkesempatan melepas secara resmi 148 Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng, di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Rabu (2/9/15)
.
Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng yang terdiri dari 82 jemaah perempuan dan 66 jemaah laki-laki ini, sesuai jadwal akan diberangkatkan dari Bantaeng menuju Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 12 September 2015 pukul 17.00 wita dan langsung bergabung dengan Jemaah Calon Haji dari Kab.Bone  sehingga akan berjumlah 450 orang ditambah 5 orang petugas, jadi total di pesawat berjumlah 455 orang, dengan jadwal penerbangan tanggal 13 September 2015 pukul 19.00, demikian menurut laporan Ka.Kankemenag Bantaeng.

Adapun pemondokan di Mekkah untuk Jemaah Calon Haji kita adalah berjarak 3 km dari Masjidil Haram, dan itulah yang terdekat dari masjidil Haram saat ini, yang terjauh ada sampai 17 km, namun jemaah tidak perlu khawatir karena Pemerintah Arab Saudi telah menyediakan Bis untuk mengangkut jemaah ke Masjidil Haram pulang-pergi. Lokasi Pemondokan jemaah tersebut berada pada Mahbas Jin, masih dalam wilayah Makhtab 13, Hotel No.106, demikian menurut Ka.Kankemenag.

Lebih lanjut Bapak H. Anwar Abubakar melaporkan kepada Bapak Bupati Bantaeng bahwa jika diklasifikasi berdasarkan Kecamatan, 148 JCH Kab. Bantaeng ini terdiri dari: 21 orang dari Kec. Bantaeng, 44 orang dari Kec. Bissappu, 4 orang orang dari Kec.Eremerasa, 8 orang dari Kec. Ulu Ere, 8 orang dari Kec. Sinoa, 33 orang dari Kec. Pa’jukukang, .15 orang dari Kec. Gantarang Keke dan 15 orang dari Kec. Tompobulu. Sedangkan jika diklasifikasi berdasarkan Bank penerima setoran BPIH, maka jumlah tersebut terdiri dari: BNI 61 orang, BRI 84 orang, Bank Muamalat Bulukkumba 3 orang.

Adapun Jumlah pendaftar jemaah haji Kab. Bantaeng sampai dengan tanggal 1 September 2015 kemarin, menurut Laporan Bapak Ka.KanKemenag Bantaeng adalah berjumlah 5.083 orang, dan estimasi pemberangkatan bagi yang mendaftar pada tanggal 1 September 2015 kemarin, akan berangkat 28 tahun ke depan, dan laporan Ka.Kankemenag Bantaeng ini sontak disambut gemuruh oleh para hadirin, karena membayangkan lamanya jadwal pemberangkatan jika baru mendaftar pada saat sekarang ini.

Sebelum menutup laporannya, Ka.Kankemenag Bantaeng tak lupa menyampaikan kepada seluruh jemaah calon haji dan segenap hadirin bahwa adapun biaya pemberangkatan Jemaah Calon Haji dari Bantaeng sampai ke Embarkasi Hasanuddin Makassar, demikian pula pemulangan jemaah haji dari debarkasi Hasanuddin Makassar menuju Bantaeng nanti, semuanya ditanggung oleh Pemerintah Kab. Bantaeng yang berasal dari dana APBD Kab. Bantaeng.

Dan mengakhiri laporannya, Ka.Kankemenag Bantaeng meminta kesediaan Bapak Bupati Bantaeng untuk melepas secara resmi 148 Jemaah Calon Haji Kab. Bantaeng Musim Haji tahun 1436 H/2015 M.sekaligus memberikan arahan-arahan kepada seluruh Jemaah

Bapak Bupati Bantaeng dalam arahannya setelah melepas secara resmi 148 jemaah calon haji,  mengingatkan agar dalam sisa waktu kurang lebih 10 hari ini, para jemaah supaya mempertahankan kondisi kesehatannya serta sedapat mungkin menghindari segala hal yang dapat menghambat proses pemberangkatannya ke tanah suci. “Bawalah persiapan secukupnya, karena semua kebutuhan calon jemaah dapat diperoleh di tanah suci, demikian pula oleh-oleh yang akan dibawah pulang agar membeli secukupnya saja, supaya tidak kerepotan saat di airport”, demikian.nasehat dari Bapak Bupati.

Dan sebelum menutup arahannya, Bapak Bupati Bantaeng berjanji sebagaimana tahun tahun sebelumnya, jika tidak ada halangan, beliau akan ikut mengantar jemaah sampai ke Asrama Haji Sudiang Makassar, demikian pula pemulangannya nanti, jika tidak ada halangan, beliau akan ikut menjemput dari bandara Hasanuddin menuju Bantaeng.