Potret Pemuda Berprestasi Tingkat Nasional di Kemenag Bantaeng

Bantaeng, (Humas Kemenag Bantaeng)- Potret Pemuda Berprestasi Tingkat Nasional di Kemenag Bantaeng yang akan kami tampilkan kali ini adalah: Rais Hajat, SE, S.Pd, seorang pemuda kelahiran Bantaeng yang telah banyak mengabdikan dirinya di bidang Pendidikan dengan mendirikan beberapa lembaga pendidikan, baik madrasah maupun sekolah umum di Kab. Bantaeng

Baru-baru ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar  Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2015. Dari 52 pemuda pelopor yang diseleksi dari seluruh Indonesia, terpilih 15 pemuda  untuk mendapatkan penghargaan dan salah satunya adalah Rais Hajat dari Bantaeng, pemuda energik yang pernah mengabdi pada Seksi Mapenda di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng sebagai staf, sebelum akhirnya keluar mengelola secara serius lembaga pendidikan yang didirikannya bersama sang ayah yang juga seorang pendidik (baca: purna bhakti).

Tak banyak media yang memberitakan ini sebelumnya, baik lokal maupun regional, padahal prestasi ini membawa nama Sulsel dan Bantaeng pada khususnya ke tingkat Nasional, meskipun pencapaiannya belum terlalu maksimal. Untuk itu, editor Humas Kemenag Bantaeng mengangkatnya sebagai topik di tengah maraknya isu-isu aktual keagamaan, baik yang sifatnya Radikalisme/Terorisme maupun fenomena faham-faham menyimpang di masyarakat.(berita yang sama di Website Resmi Kemenag Sulsel)

Pemuda Pelopor 2015 yang telah berjalan beberapa tahun ini tak hanya selesai setelah kegiatan penyerahan penghargaan. "Program ini adalah tindak lanjut dari Kemenpora untuk memantau dan memotivasi karya para pemuda Pelopor ini untuk dikembangkan dan bisa meluas, bisa dinikmati masyarakat," demikian menurut Deputi I bidang kepemudaan, Syakhyan Asmara, dalam pengumuman penghargaan di Kemenpora, Rabu (21/10/2015) malam, yang dilansir dari media online nasional  terkenal.

Kemenpora, menurut Syakhyan, akan terus memantau bagaimana hasil dari Pemuda Pelopor di tahun ini. Rencananya, ke depan bukan hanya lima bidang yang akan dinilai, tapi bisa lebih. "Nanti ke depan akan diperluas, bukan hanya lima bidang tapi bidang lain juga. Nanti akan disampaikan kelanjutannya bagaimana," imbuhnya.

Adapun ke 5 Bidang tersebut adalah :

1. Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata dan Bela Negara
Harapan 3
Zainul Arifin (Jatim)
Harapan 2
Grace Windesi (Papua)
Harapan 1
Dwi Rizky Safitri (Kalteng)

Terbaik 3
Dwi Puspaningrum (Jateng)
Terbaik 2
Putu gede Asnawa (Bali)
Terbaik 1
Dani Ferdian (Jabar)

2. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Terbaik 3
Suhendi (Lampung)
Terbaik 2
R. Ni Putu Novia M (Bali)
Terbaik 1
Novizar Hartadi  (Kalbar)

3. Bidang Pangan
Terbaik 3
Dewi Silikhah (DI Yogyakarta)
Terbaik 2
Azizatul Lutfiyah (NTB) 
Terbaik 1
Rahmat yogi Samanta Jatim 

4. Bidang Pendidikan 
Harapan 3
Geri Suherman (Sumbar) 
Harapan 2
Rais Hajat (Sulsel)
Harapan 1
Jepriyadi (Kalbar)
Terbaik 3
Soko T Gunawan (Jateng)
Terbaik 2
M Arifin (Kalsel)
Terbaik 1
Lia Andarini (DI Yogyakarta) 

5. Bidang Teknologi Tepat Guna Komunikasi Informasi
Harapan 2
Gita Zamandora (Sumsel)
Harapan 1
Putri Agustia (DKI)
Terbaik 3
Imam Al Muharomain (Jabar)
Terbaik 2
Mulyadi (NTB)
Terbaik 1
Gita Adinda Nasution (Sumut)

Selamat buat Rais Hajat, semoga prestasi yang telah diraihnya di tingkat Nasional menjadi motivasi yang besar bagi dirinya maupun bagi pemuda-pemuda lain untuk berkarya dan berprestasi lebih tinggi lagi.