Kultum Ramadhan 1437 H Pokjaluh Kemenag Bantaeng Berakhir Hari Ini



Bantaeng, (Humas Bantaeng) - Tak terasa Ramadhan akan meninggalkan kita, berbagai amalan telah kita jalani di waktu siang dan malam hari dengan harapan pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Salah satu program Ramadhan yang dilakoni oleh para penyuluh agama Islam yang tergabung dalam Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh) Agama Islam Kab. Bantaeng yaitu Kultum yang digelar di Mushallah Al-Ikhlas Kantor Kemenag Bantaeng ba'da Dhuhur telah berakhir hari ini, Kamis 30 Juni 2016.

Program Kultum yang dibuka oleh Kakan Kemenag Bantaeng  H. Muhammad Yunus pada hari pertama puasa ini oleh Sopyan Yasri, Sekretaris Pokjaluh Kab. Bantaeng kembali memberikan kehormatan kepada Kakan Kemenag untuk menutup secara resmi program Kultum Ramadhan Pokjaluh Kab. Bantaeng 1437 H / 2016 M ini sekaligus memberikan arahan.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya program ini dan nenyambut baik rencana Pokjaluh untuk melanjutkan program ini diluar bulan Ramadhan, sebagaimana yang disampaikan oleh Sopyan Yasri mendahului arahan Bapak Kakan Kemenag Bantaeng. Dimana menurut Sopyan, Pegawai Kemenag yang berjumlah 368 orang ditambah pegawai honorer yang terdiri dari penyuluh honorer berjumlah 115 orang, sementara guru dan staf honorer berjumlah kurang lebih 300 orang, merupakan potensi yang sangat besar guna merealisasikan program kultum ini pasca Ramadhan dengan asumsi bahwa semua pegawai Kemenag Bantaeng baik PNS maupun honorer bisa membawakan Tauziyah. Yasri menambahkan bahwa hari kerja diluar Ramadhan dalam 1 tahun berjumlah kurang lebih 200 hari, sehingga kita hanya membutuhkan kurang lebih 200 orang untuk mengisi kultum dalam setahun, dan jika setiap penceramah diwajibkan memasukkan tema kultumnya sebelum tampil, maka kita akan mendapatkan sekitar 200 tema kultum yang dapat kita jadikan referensi.

Sementara itu Kakan Kemenag menyampaikan bahwa guna mendukung rencana Pokjaluh ini, maka kiranya perlu untuk membentuk pengurus Mushalla agar kondisi Mushalla kita ini lebih terawat sehingga para muballigh kita lebih semangat lagi membawakan Tauziyahnya dan jemaah yang mendengarkan dapat lebih konsentrasi dan lebih khusuk menjalankan ibadah shalat berjamaah. Demikian Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus mengakhiri arahannya sekaligus menutup secara resmi program Kultum Ramadhan 1437 H / 2016 M.

Dalam kesempatan itu Kakan Kemenag H. Muhammad Yunus juga menyampaikan bahwa Libur Idul Fitri 1437 H di jajaran Kemenag Bantaeng dimulai hari Senin tanggal 4 Juli 2016 dan masuk kembali  pada hari Senin tanggal 11 Juli 2016.