Silaturrahmi Kakan Kemenag Bantaeng Ke Beberapa Madrasah Pasca Hari Raya Idul Adha


Bantaeng, (Humas Bantaeng) - Didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H. A. Muh. Baedawi, MM, Kakan Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag kembali melakukan kunjungan silaturrahmi ke beberapa Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng

Kunjungan Silaturrahmi Kakan Kemenag Bantaeng pasca Hari Raya Idul Adha 1437 H kali ini merupakan kunjungan kerja dengan target sasaran Madrasah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya sejak beliau diangkat menjadi Kakan Kemenag Bantaeng Desember 2015 yang lalu

Adalah MIS/MTs Al Khairat Bulo-bulo Kec. Pa'jukukang, Kab. Bantaeng, menjadi sasaran pertama kunjungan Kakan Kemenag Bantaeng bersama Kasi Pendidikan Madrasah kali ini.

Di Madrasah ini, kita dapat melihat sebuah potret madrasah yang sangat sederhana dan minim fasilitas namun tetap bersahaja dan penuh semangat dalam mendidik anak muridnya sembari tetap menata dan merawat serta mengelola lingkungan Madarasahnya yang terbilang kurang layak sehingga tidak terkesan kumuh dan tak terawat, meskipun bagunannya masih berdinding papan dan berlantai semen (floor) karena sejak berdiri Madrasah ini mengaku belum pernah mendapat bantuan baik dari Kementerian Agama maupun dari Pemerintah Daerah.

Sasaran kedua adalah MIS Al Wustqaa Punganrong Desa Patalassang, Kec. Tompobulu yang berbatasan dengan Desa Kaloling Kec. Gantarang Keke.

Di Madarasah ini, Kakan Kemenag Bantaeng beserta rombongan juga mendapati bangunan Madrasah yang tidak layak bahkan sangat tidak layak sebagai sebuah sarana pendidikan, namun Madrasah ini sedikit beruntung dibanding Madrasah yang dikunjungi sebelumnya karena disamping bangunan yang tidak layak tadi telah terbangun sebuah gedung baru bantuan Pemkab Bantaeng meskipun belum rampung dan dengan jumlah RKB yang terbatas namun tentunya dengan kondisi ini diharapkan akan menjadi spirit dan motivasi tersendiri bagi semua civitas madrasah dalam mengelola dan menata madrasahnya lebih baik lagi.

Kunjungan selanjutnya adalah ke MIS Ma'arif Borong Kapala Kec. Tompobulu, sebuah madrasah yang sudah cukup layak dari segi bangunan, meskipun ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti WC serta penataan lingkungan masih perlu pembenahan, dan ini menjadi PR buat Kepala Madrasah beserta segenap stake holder yang ada bahwa pada kunjungan Kakan Kemenag berikutnya kondisi tersebut sudah dibenahi.

Kunjungan Kakan Kemenag Bantaeng beserta rombongan berakhir di MTs Ma'arif Puro'ro Desa Patalassang, Kec. Tompobulu. Sebuah Madrasah yang berdiri sejak tahun 1984 dengan nama PGA Puro'ro, namun karena perubahan regulasi, PGA Puro'ro akhirnya bermetamorfosis menjadi MTs Puro'ro. Secara umum Profil Madrasah ini cukup ideal karena didukung oleh kondisi daerah dan jumlah penduduk yang relatif cukup padat dan sadar akan pendidikan.

Demikian kunjungan silaturrahmi Kakan Kemenag Bantaeng bersama Kasi Pendma kali ini, beberapa catatan yang merupakan resume hasil perjalanan dapat kami simpulkan: Bahwa Kondisi Madrasah kita yang tersebar sampai ke pelosok desa sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan masyarakat di sekitar Madrasah. Bahwa untuk menciptakan sebuah lembaga pendidikan yang baik dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan dibutuhkan keseriusan dan semangat dari para pengelola Madrasah dan semua stake holder yang ada serta tetap menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pemerintah dalam rangka pengembangan Madrasah. Bahwa distribusi dan rasio tenaga pendidik kita pada Madrasah yang tersebar sampai ke pelosok desa baik yang berstatus Guru PNS dan non PNS masih belum proporsional sehingga banyak guru-guru penerima tunjangan profesi baik PNS maupun non PNS terpaksa harus menjadi "guru terbang" demi memenuhi syarat kecukupan jam dan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Kementerian Agama Kab. Bantaeng khususnya Seksi Pendidikan Madrasah sebagai leading sektornya, dan terakhir bahwa demi melancarkan mediasi antara Kementerian Agama Kab. Bantaeng dengan pihak Pemerintah Kab. Bantaeng serta pihak-pihak lain yang berkompeten dalam hal pemberian bantuan ke Madrasah, mari bersama-bersama memanjatkan do'a memohon Ridho dan keberkahan hanya kepada Allah SWT. Amiin Yaa Rabbal Alamiin.