Kuota Haji Kab. Bantaeng 2017 Kembali Normal?

Para pendaftar Haji Bantaeng usai mendaftar di Seksi Haji
Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Kuota Haji Kab. Bantaeng sejak 4 tahun terakhir adalah sebanyak 147 jemaah, jumlah tersebut mengalami pengurangan sebesar 20% dari kuota sebelumnya yaitu 183 jemaah, hal itu dikarenakan adanya pengurangan kuota jemaah haji Indonesia dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dari 211.000 jemaah menjadi 168.000 jemaah pertahun sehingga seluruh daerah termasuk Kab. Bantaeng mengalami pengurangan sebesar 20% sejak tahun 2013. Kebijakan pengurangan kuota jemaah haji oleh Pemerintah Keràjaan Arab Saudi ini dikarenakan adanya proyek renovasi/ perluasan Masjidil Haram sehingga daya tampung Masjidil Haram menjadi berkurang.

Kabar gembira untuk para calon jamaah haji seluruh Indonesia yang menunggu giliran berangkat ke Tanah Suci. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan kuota jamaah haji Indonesia akan kembali normal pada tahun depan (2017, red) , yaitu 211.000 jemaah, maka Secara otomatis, daftar tunggu jamaah haji bisa semakin pendek.

Disamping itu, tersebar informasi bahwa Presiden Jokowi telah berhasil melobi negara-negara tetangga seperti Filiphina, Thailand dan Myanmar agar sisa kuota jemaah haji mereka yang tidak terpakai dapat dialihkan ke Indonesia.

Kabar-kabar gembira diatas baru tersebar di dunia maya, baik di media sosial seperti Facebook, group WA, BBM atau media-media sosial lainnya yang mengutip dari media online atau portal berita terkenal seperti Okezone.com, detik.com, dan lain-lain, namun secara resmi Kemenag RI melalui Dirjen Haji belum merilis secara resmi tentang ketentuan penambahan kuota haji tersebut. Hal tersebut diakui oleh Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Bantaeng H. Muh. Tahir, S.Ag, MM yang dihubungi disela-sela kesibukannya sebagai Kepala Seksi Haji merangkap sebagai PLH Kasubbag TU Kantor Kemenag Bantaeng. "Saya tidak bisa memastikan kuota Haji kita akan kembali normal tahun depan pak, sepanjang belum ada edaran resmi dari Kementerian Agama Pusat dalam hal ini Dirjen Haji mengenai adanya penambahan kuota atau kembali ke kuota awal yaitu 183 Jemaah, yang jelas kalau pada saat Pelunasan BPIH untuk Musim haji tahun 2017 nanti, Daftar yang dikirim oleh Dirjen Haji sebanyak 183 orang atau lebih, berarti Kuota Haji Bantaeng sudah kembali ke Kuota awal atau ada penambahan,". Papar H. Tahir kepada Humas Kemenag Bantaeng.

Beberapa masyarakat yang setiap hari mendatangi Kantor Kemenag Bantaeng untuk mendaftar Haji Reguler pun mengaku tidak tahu mengenai informasi tersebut, bahkan mereka tidak mau tahu berapa jumlah pendaftar jemaah haji sampai saat ini dan kapan akan diberangkatkan, yang penting mereka mendaftar saja dulu, soal kapan berangkat terserah Tuhan dan Pemerintah yang mengatur. "Yang penting mendaftar saja dulu pak, soal berangkat terserah H. Tahir, kan kalau sudah mendaftar adami yang ditunggu" kata salah seorang pendaftar haji yang dihubungi usai mendaftar Haji pada Seksi Haji Kantor Kemenag Bantaeng, Kamis 22 September 2016.

Semoga kabar-kabar gembira diatas bukan isapan jempol belaka, dan niat para calon jemaah haji kita terutama Jemaah Haji Kab. Bsntaeng yang telah mendaftar untuk berangkat haji secepatnya dapat segera terwujud. Amiin ya Rabbal Alamiin.