Ka Kankemenag Bantaeng Bersama Kasubag TU Hadiri Pertemuan Dengan Tim BPK RI

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Kepala Kantor Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag bersama Ka Subag TU H. Muh Ahmad Jailani, S.Ag, MA menghadiri Pertemuan antara Tim BPK RI dengan Seluruh Pejabat di jajaran Kemenag Sulsel Rabu, 25 Januari 2017.

Pertemuan yang berlangsung di Aula Kanwil tersebut selain dihadiri oleh Ka.Kankemenag dan Kasubag TU Kab. Kota bahkan ada kab/kota yang mengikutsertakan pengelola keuangannya juga dihadiri oleh para Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil.

Ka.Kanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir menjelaskan kepada peserta bahwa Kehadiran Tim 8 dari BPK RI yang berjumlah 4 orang ini disamping untuk memeriksa Laporan Kegiatan dan Keuangan yang hasilnya nanti akan menjadi kesimpulan atas kelengkapan data dan laporan baik administrasi maupun keuangan di Kemenag Sulsel Ini, dan hasilnya ini juga akan mempengaruhi penilaian opini bagi Kementerian Agama RI, meskipun Sulsel hanya menjadi salah satu sampel untuk seluruh indonesia, akan tetapi diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan opini bagi Kementerian Agama RI menuju WTP Clean and Clear, kata Ka.Kanwil.

Menurut Humas Kemenag Sulsel Pertemuan tersebut diagendakan disamping untuk menjelaskan maksud kedatangan Tim di Sulsel Khususnya di Kemenag Sulsel, juga untuk meminta dan mengkonfirmasi sejumlah data yang dibutuhkan oleh Tim terhadap objek pemeriksaannya. Hal tersebut disampaikan oleh Saifullah selaku Ketua Tim 8 BPK RI dihadapan seluruh Hadirin.

Objek Pemeriksaan kali ini adalah menkonfirmasi Kesesuaian antara laporan Keuangan dengan sistem akuntan resmi pemerintah yang berbasis Akrual, Juga mengenai Kepatuhan atas peraturan perundang-undangan serta
Sistem pengawasan dan pengendalian intern yg dilakukan di tingkat satker masing masing.  tambah Saifullah.

Karenanya, Agenda pertemuan hari ini, adalah menerima lapor an data data yang diperlukan olehTim diantaranya : BAP dengan KPPN,
Desk laporan keuangan tingkat satker, Sinkronisasi dan konfirmasi antara setiap satker tingkat kab./kota dengan data laporan yang ada di tingkat Kanwil, Dan data data lainnya yang diperlukan untuk melengkapi penilaian terhadap laporan kegiatan dan program kerja tahun anggaran 2016, ungkapnya Lagi.

Menurut Ketua Tim 8 BPK RI Bapak Saifullah bahwa selain Kanwil Kemenag Sulsel, Tim yang beranggotakan 3 orang ini yakni Leonardo Amarduan, M. Rizky dan Andika Surgery juga akan memeriksa Di UIN Alauddin Makassar, STAIN Watampone, STAIN Pare-Pare, Kemenag Kota Makassar dengan durasi waktu selama 20 hari terhitung sejak Senin kemarin. (23/01/2017)