Terima Master Soal Dari Kanwil, PAIS Kemenag Bantaeng Siap Sukseskan USBN 2017

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Bertempat di ruang kerja Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Sekolah (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel, Selasa 28/2/2017, Kepala Seksi PAIS Kantor Kemenag Kab. Bantaeng H. Muhammad Arfah, S.Ag bersama sejumlah Kepala Seksi PAIS Kantor Kemenag Kab/Kota se Sulsel menerima secara langsung master soal USBN PAI 2017 dari Kabid PAIS Dr. H. Ali Yafid, S.Ag, M.Pd.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk mata ujian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah menurut H. Arfah adalah yang pertama diterapkan secara Nasional dengan soal seragam disetiap provinsi yang disusun oleh tim yang terdiri dari unsur Direktorat PAI Kemenag pusat dan Ketua-ketua KKG dan MGMP PAI se Sulsel dengan berpedaman pada kisi-kisi dari Kemenag Pusat, yang mana sebelumnya soal Ujian Sekolah ini disusun oleh Dinas Dikpora Kabupaten dengan perdoman pada kisi-kisi dari Kemenag pusat.

Master soal yang dibawa oleh bapak Kasi PAIS ini masih dalam bentuk CD yang didalamnya terdapat 2 jenis master soal, yaitu Master Soal USBN untuk K13 bagi Sekolah yang menerapkan K13 dan master soal KTSP bagi Sekolah yang masih menerapkan KTSP.

Menurut rencana Master Soal USBN PAI 2017 untuk 2 tingkatan yakni tingkat SD dan SMP ini akan diserahkan hari ini ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bantaeng pada pada Seksi Kurikulum SD dan SMP, Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) untuk digandakan, sedang untuk Master Soal tingkat SMA/SMK di tangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulsel.

Adapun jadwal Ujian Nasional menurut Prosedur Operarional Standar (POS) Penyelenggaraan USBN Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti TP 2017 tingkat SD, SMP, SMA/ dari Kemenag RI, adalah untuk SD tanggal 15 Mei 2017, SMP tanggal 17 April 2017 dan untuk SMA/SMK tanggal 27 Maret 2017.